acropora vivids confetti

Cara Merawat SPS Acropora di Akuarium Air Laut

Posted by

Cara Merawat SPS Acropora di Akuarium Air Laut – Small Polyp Stony (SPS) adalah jenis koral batu yang sangat populer di dunia akuarium. SPS memiliki banyak keunikan dan keindahan dalam bentuk, warna dan pertumbuhannya. Meskipun memerlukan perawatan yang lebih intensif dibandingkan dengan koral batu jenis lainnya, SPS bisa menjadi hewan peliharaan akuatik yang menarik jika perawatannya dilakukan dengan benar. Berikut adalah beberapa informasi lengkap tentang SPS, termasuk parameter jenis dan cara merawatnya.

aquarium air laut mixed reef tank

acropora vivids confetti

Acropora Red

Jenis-Jenis Small Polyp Stony

Acropora

adalah jenis SPS yang sangat populer. Acropora dikenal karena bentuk, warna dan pola yang unik dan indah. Acropora dapat tumbuh hingga 10 cm per tahun, tergantung pada jenisnya. Beberapa jenis Acropora termasuk Acropora millepora, Acropora tenuis dan Acropora hyacinthus.

Montipora

adalah jenis SPS yang memiliki warna dan bentuk yang bervariasi. Montipora tumbuh dengan cepat dan dapat mencapai diameter 50 cm atau lebih. Beberapa jenis Montipora termasuk Montipora digitata, Montipora capricornis dan Montipora foliosa.

Seriatopora

adalah jenis SPS yang sangat mudah dipelihara. Seriatopora memiliki bentuk cabang yang khas dan biasanya berwarna merah, hijau atau biru. Beberapa jenis Seriatopora termasuk Seriatopora hystrix dan Seriatopora caliendrum.

Pocillopora

adalah jenis SPS yang dapat ditemukan di berbagai wilayah di dunia. Pocillopora dapat tumbuh hingga 20 cm atau lebih dan memiliki bentuk cabang yang khas. Beberapa jenis Pocillopora termasuk Pocillopora damicornis dan Pocillopora verrucosa.

Baca Juga  Jamur Ricordea Yuma dan Cara Perawatannya

Parameter Penting untuk Merawat Small Polyp Stony

Cahaya yang cukup

Cahaya yang cukup sangat penting bagi koral SPS. SPS memerlukan cahaya dengan intensitas yang tinggi, setidaknya 6-8 jam sehari. Sebaiknya gunakan lampu dengan spektrum warna biru-hijau atau putih-biru.

Arus Air

Arus Air yang kuat sangat diperlukan untuk mempertahankan kesehatan koral SPS. Arus air membantu membawa makanan dan nutrisi ke koral serta membantu membuang zat-zat yang tidak diinginkan. Pastikan bahwa arus air yang diberikan cukup kuat tetapi tidak terlalu kuat sehingga dapat merusak koral.

Suhu Air

Suhu air yang ideal untuk koral SPS berkisar antara 24-27°C dan salinitas sekitar 1.025. Pastikan Anda memiliki alat pengukur suhu dan salinitas yang akurat.

Kualitas Air

Kualitas air yang baik sangat penting untuk kesehatan Coral SPS. Kualitas air yang baik meliputi tingkat amonia dan nitrat yang rendah serta pH dan kadar kalsium yang seimbang. Pastikan memeriksa kualitas air secara teratur dan lakukan perubahan air secara berkala untuk menjaga kualitas air yang baik.

Suplemen Nutrisi Coral SPS

Suplemen Nutrisi Coral SPS memerlukan suplemen nutrisi tambahan untuk pertumbuhan dan kesehatannya. Beberapa suplemen nutrisi yang dapat diberikan kepada SPS adalah kalsium, karbonat dan magnesium. Pastikan untuk memberikan suplemen nutrisi secara tepat dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Cara Merawat Small Polyp Stony

Periksa kualitas air

Periksa kualitas air secara teratur dan pastikan bahwa tingkat amonia dan nitrat rendah serta pH dan kadar kalsium seimbang.

Cahaya Spektrum

Pastikan SPS Anda mendapatkan cahaya yang cukup dengan memilih lampu yang memiliki spektrum warna biru-hijau atau putih-biru.

Arus Air Kuat

Arus Air yang Kuat Beri arus air yang kuat untuk membantu membuang zat-zat yang tidak diinginkan serta membawa makanan dan nutrisi ke koral SPS.

Baca Juga  5 Coral yang mudah Perawatannya Untuk Aquarium Pemula

Big 3 Stabil

Beri suplemen nutrisi tambahan seperti kalsium, karbonat dan magnesium secara tepat dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Water Change Mingguan

Lakukan perubahan air secara berkala untuk menjaga kualitas air yang baik. Sebaiknya lakukan perubahan air sebesar 10% setiap 1-2 minggu.

Kesimpulan

Small Polyp Stony (SPS) merupakan salah satu jenis koral batu yang indah dan menarik untuk dipelihara di akuarium. SPS memerlukan perawatan yang lebih intensif dibandingkan dengan koral batu jenis lainnya, namun hasilnya akan sangat memuaskan jika perawatan dilakukan dengan benar. Pastikan bahwa parameter jenis seperti cahaya, arus air, suhu dan salinitas air, serta kualitas air, terjaga dengan baik untuk menjaga kesehatan koral SPS. Selain itu, pastikan juga memberikan suplemen nutrisi secara tepat dan melakukan perubahan air secara berkala. Dengan perawatan yang baik, SPS akan tumbuh dengan sehat dan indah di akuarium Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *